Senin, 30 November 2020

Pasar akan bertaruh pada vaksin

Denyut pasar

Pemerintahan Trump menghentikan beberapa program pinjaman darurat pemerintah Federal. Demokrat menggambarkan langkah itu sebagai cara untuk membatasi dukungan keuangan yang mungkin dapat diberikan Biden.

Ketika negara-negara di seluruh Eropa mengisyaratkan akan lebih banyak pembatasan, Kanselir Jerman Angela Merkel mengimbau warganya untuk mengenakan masker dan tetap berpegang pada tindakan menjaga jarak. Inggris, Prancis, dan Italia terus menunjukkan tanda-tanda bahwa wabah mereka melambat.

Pada hari Senin, saham global berhenti sejenak untuk mengapresiasi rekor bulanan. Prospek sebagian vaksin yang layak membantu dalam pemulihan perekonomian dan langkah stimulus baru dari bank sentral membayangi kekhawatiran tentang pandemi virus corona.

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana peristiwa penting ini dan peristiwa penting lainnya memengaruhi harga mata uang, indeks, dan komoditas.

 

Indeks

Pantauan pasar

SPX500 +2,73%

SPX500 mengakhiri pekan lalu di USD3.636. Indeks bertahan di posisi tertinggi selama tiga minggu berturut-turut.

Berita bulan ini tentang tiga vaksin virus corona yang menjanjikan membantu mendorong indeks SPX500 ke posisi tertinggi dalam sejarah, tetapi sebagian investor khawatir bahwa lambannya vaksinasi dapat melemahkan pemulihan perekonomian yang diharapkan tahun depan.

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa orang warga Amerika yang bepergian untuk liburan Thanksgiving cenderung meningkatkan jumlah kasus secara dramatis.

Poin-poin penting

Tesla sedang mempersiapkan diri untuk dimasukkan ke indeks SPX500.

Pemerintah Federal AS berharap dapat segera meninjau dan menyetujui permintaan dari dua pembuat obat utama untuk persetujuan darurat vaksin Covid-19 mereka.

Kecepatan adopsi vaksin masih belum pasti. Ketersediaan vaksin menghilangkan risiko penguncian perekonomian dan sosial semakin meluas.

 

Mata uang

Pantauan pasar

EURUSD + 0,96%, GBPUSD + 0,24%, USDJPY + 0,36%, USDCAD –0,78%

Pekan lalu, dolar AS mendekati level terendah dalam tiga bulan terakhir terhadap mata uang utama setelah data perekonomian yang menguat dari Tiongkok mendorong para investor ke mata uang berisiko Jumat lalu.

Pound Inggris berada di bawah tekanan karena Uni Eropa dan Inggris menunjukkan perbedaan yang signifikan atas kesepakatan perdagangan Brexit.

Dolar Kanada naik akibat kenaikan tajam dari harga minyak, karena investor berharap vaksin segera muncul dan perpanjangan pengurangan produksi oleh OPEC pada awal tahun depan.

Klaim pengangguran mingguan AS naik karena infeksi COVID-19 melonjak.

Poin-poin penting

Nonfarm Payrolls November akan dipantau ketat hari Jumat ini.

Pembicaraan tatap muka antara Inggris dan Uni Eropa mengenai kesepakatan perdagangan dilanjutkan pada Sabtu pagi.

AS akan menjadi perhatian khusus, dengan kesaksian Kepala Fed Powell di hadapan Kongres pada Rabu.

Bank Sentral Eropa (ECB) melihat inflasi yang lebih rendah dengan prospek pertumbuhan ekonomi yang semakin cerah.

 

Emas

Pantauan pasar

XAUUSD -4,68%

Pada hari Senin, emas turun ke USD1.763. Optimisme investor yang naik terkait vaksin akan mendorong pemulihan perekonomian global setelah pandemi.

Pekan lalu, penurunan harga emas dipercepat karena investor terus menjual aset safe-haven dan membeli aset yang lebih berisiko, berharap mendapatkan keuntungan dari kemungkinan pemulihan dari pandemi.

Poin-poin penting

Emas telah bergeser ke "tahap turun" berikutnya dari fase koreksi.

Terobosan di zona dukungan antara USD1.760 dan 1.780 akan menciptakan jalur penurunan lebih lanjut menuju USD1.600.

Level perdagangan penting: USD1.757, 1.773, 1.789, dan 1.800.

 

Minyak

Pantauan pasar

XBRUSD +7,42%

Harga minyak naik tajam pekan lalu karena investor bertaruh pada vaksin dan pemulihan permintaan minyak global.

Data terbaru menunjukkan bahwa permintaan bensin dan solar mencapai titik terendah pada 15 November dan telah pulih sejak saat itu. Karena negara-negara Eropa mengurangi pembatasan menjelang Natal, permintaan diperkirakan akan pulih.

OPEC dan sekutunya, termasuk Rusia, cenderung menunda rencana peningkatan produksi minyak tahun depan.

Poin-poin penting

Senin ini, pertemuan OPEC+ akan berlangsung.

Irak tidak akan meminta OPEC untuk pengecualian Pakta yang bertujuan untuk memotong produksi.

Pasar memperkirakan harga akan mengalami pertumbuhan terbatas jika OPEC+ menunda rencana kenaikan pasokan untuk bulan Januari.

Pada hari Minggu, OPEC+ mengadakan pembicaraan awal tetapi belum mencapai konsensus tentang kebijakan produksi minyak untuk tahun 2021.

 

Berita yang akan datang

Pekan ini, kemungkinan akan ada data indeks PMI resmi, data inflasi Zona Eropa awal, pertemuan Bank Sentral Australia, pidato yang disampaikan oleh Powell AS dan le Gard Prancis, rilis "buku besar" oleh Fed yang dapat mengungkapkan peta jalan untuk keputusan bulan Desember, dan Departemen Keuangan AS akan menerbitkan laporan.

Lakukan pedagangan dengan bijak

Berdaganglah di aplikasi kami

Ikuti kami

Fb Tw Inst Yt

Business license no. 19776 IBC 2011

Alamat yang terdaftar: Suite 305, Griffith Corporate Centre, Beachmont, Kingstown, St. Vincent and the Grenadines

© 2020 OctaFX Markets Incorporated

Kontak

Kebijakan Privasi

Berhenti berlangganan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar