Senin, 23 November 2020

Denyut pasar

Vaksin yang akan datang versus kenyataan virus

Uji coba vaksin virus corona Pfizer dan Moderna Inc. yang sukses telah meningkatkan harapan ketersediaan yang lebih cepat.

Terlepas dari keinginan Inggris untuk menyelesaikan perjanjian perdagangan bebas dengan UE, pandemi virus corona telah menghambat perkembangannya.

Keputusan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin pada hari Kamis untuk menghapus beberapa program pandemi utama Bank Sentral AS akhir tahun ini berarti ada kekhawatiran di antara Partai Republik tentang dampak FED terhadap perekonomian. Dengan menutup program-program, yang oleh para analis dianggap bermanfaat bagi perekonomian, FED dapat menekan dengan memberikan kompensasi dengan kebijakan moneter baru.

Mari kita lihat bagaimana peristiwa ini dan yang akan datang telah memengaruhi atau akan memengaruhi pasar:

 

Indeks

Pantauan pasar

SPX500 –1,86%

Pekan lalu, saham SXP500 berakhir lebih rendah karena investor mempertimbangkan kenaikan kasus COVID-19 baru yang mengkhawatirkan dengan latar belakang perkembangan vaksinasi yang nyata.

Pada hari Kamis, Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengirim surat kepada Kepala Fed Jerome Powell dengan meminta pengembalian dana yang dialokasikan Federal Reserve ke pasar. Hal ini menyebabkan penurunan jangka pendek di saham berjangka, tetapi kerugian itu pulih ketika para trader memutuskan bahwa tidak ada yang dapat menghentikan Bank Sentral untuk mengompensasi uang yang hilang dengan kehilangan kebijakan leverage.

Ini adalah argumen bullish yang sangat kuat untuk saham karena meskipun vaksin berkontribusi pada kebangkitan bisnis yang lebih kuat, Powell tidak mungkin menghentikan aliran uang dalam waktu dekat.

Poin-poin penting

Investor bertumbuh lebih bullish.

Pekan ini, daftar lengkap laporan pendapatan dan rilis data dari perusahaan akan dipublikasikan. Ini akan memudahkan investor untuk melacak perkembangan lebih lanjut terkait dengan krisis kesehatan yang berkepanjangan.

Wall Street akan memperpendek pekan perdagangan dengan penutupan pasar saham pada hari Kamis, 26 November, karena Libur Thanksgiving.

 

Mata uang

Pantauan pasar

EURUSD +0,17%, GBPUSD +0,88%, NZDUSD +1,78%, USDJPY –0,88%

AS telah mengalami hasil perdagangan beragam terhadap mata uang utama, seperti euro dan yen. Trader mengonsolidasikan posisi di tengah gelombang virus dan berita positif tentang vaksin.

Pound menguat terhadap dolar selama tiga pekan berturut-turut setelah muncul harapan baru bahwa Inggris dan Uni Eropa akan mencapai kesepakatan perdagangan.

Mata uang safe-haven yen Jepang mendekati level tertinggi dalam satu pekan karena kekhawatiran terkait kenaikan kasus virus corona memicu optimisme seputar uji coba vaksin yang menjanjikan.

Dolar Selandia Baru mencapai titik tertinggi dalam dua tahun terakhir di 0,6962 karena data penjualan ritel yang kuat mengurangi risiko pelonggaran moneter lebih lanjut.

Poin-poin penting

Survei PMI akan memberikan informasi penting tentang keadaan perekonomian Zona Eropa, Inggris, dan AS di pertengahan kuartal.

Negosiasi tentang kesepakatan perdagangan antara UE dan Inggris berlanjut setelah kepala negosiator Brexit menangguhkan pembicaraan langsung pada hari Kamis ketika anggota tim UE dinyatakan positif COVID-19.

Berita tentang vaksin mendorong pemulihan ekonomi global yang cepat, karena dolar AS kehilangan daya tarik safe-haven.

Para analis optimis tentang prospek jangka panjang euro.

 

Emas

Pantauan pasar

XAUUSD –0,83%

Pekan lalu, emas bergerak mendekati pengujian terendah dalam empat bulan terakhir yang dicapai dua minggu lalu, karena investor mempertimbangkan berita tentang pengembangan vaksin dan bantuan yang dapat dimunculkan dengan jumlah kasus pandemi yang sebenarnya.

Pembicaraan tentang stimulus terus mengalami kemajuan, dan ini telah mendukung emas karena langkah-langkah likuiditas dan stimulus fiskal Bank Sentral terus mendorong pasar ini.

Poin-poin penting

Harga emas berada di bawah tekanan akibat pemberitaan bahwa vaksin dan situasi tidak menentu terkait pemilu AS.

Menteri Keuangan AS Mnuchin telah mengisyaratkan bahwa pembicaraan tentang langkah-langkah stimulus akan terus berlanjut, meningkatkan daya tarik emas sebagai lindung nilai terhadap kemungkinan inflasi.

Arus uang ke ETF terkait emas menurun pekan lalu

Level perdagangan penting: USD1.846, 1.864, 1.893, dan 1.915.

 

Minyak

Pantauan pasar

XBRUSD +4,31%

Harapan untuk mendapatkan vaksin telah memberi dorongan naik sementara bagi minyak. Belum ada data fundamental untuk harga bertumbuh dengan kuat.

Jumlah rig minyak yang beroperasi di AS turun menjadi 231, penurunan pertama dalam sepuluh pekan.

Ministerial Monitoring Committe OPEC+ diadakan pada hari Selasa, 17 November, namun tidak memberikan rekomendasi yang jelas.

OPEC+ secara resmi siap untuk menambah 2 juta barel per hari ke pasar mulai 1 Januari, tetapi beberapa anggota, termasuk Arab Saudi, berusaha untuk menunda kenaikan yang direncanakan ini selama 3 atau 6 bulan ke depan.

Poin-poin penting

Pertemuan penuh OPEC dan OPEC+ dijadwalkan pada 30 November dan hari berikutnya, 1 Desember, tetapi belum jelas bagaimana OPEC+ akan bertindak. Keputusan tersebut akan memengaruhi pasar dan, tentu saja, harga minyak.

Permintaan di UE dan AS menurun karena musim dingin dan gelombang baru virus corona.

Libya telah meningkatkan produksinya menjadi 1,2 juta barel per hari.

 

Berita yang akan datang

Dari semua berita untuk pekan depan, berikut ini mungkin yang paling banyak disorot:

23 November

Markit Manufacturing PMI, Zona Eropa

Markit Services PMI, Inggris

24 November

Produk Domestik Bruto, Jerman

25 November

Produk Domestik Bruto Disetahunkan, AS

Penjualan Rumah Baru, AS

Lakukan pedagangan dengan bijak

Berdaganglah di aplikasi kami

Ikuti kami

Fb Tw Inst Yt

Business license no. 19776 IBC 2011

Alamat yang terdaftar: Suite 305, Griffith Corporate Centre, Beachmont, Kingstown, St. Vincent and the Grenadines

© 2020 OctaFX Markets Incorporated

Kontak

Kebijakan Privasi

Berhenti berlangganan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar